Panduan Bisnis: 7 Langkah Rencana Pemasaran Untuk Produk Baru
Apa sih manfaatnya marketing plan atau rencana pemasaran bagi seorang entrepreneur?Ada beberapa tujuan marketing plan itu, seperti:
- mencari tahu pasar, bagaimana tipe pelanggan dan pesaing,
- membangun langkah-langkah untuk mendapatkan pelanggan baru
- mempertahankan pelanggan yang sudah ada,
- memprediksi dan mengenali pola perubahan.
Sebuah rencana pemasaran (marketing plan) harus menemukan apa yang pelanggan suka maupun yang tidak disukai.
Lalu berikutnya harus bisa menemukan ekspektasi atau harapan pelanggan terhadap produk kita.
Oke, ayo kita cermati 7 panduan dasar marketing berikut ini:
- Anda harus punya metode baku pada 4 komponen ini (4P): product (produk), price (harga), place(tempat) dan promotion (promosi).
- Tentukan dengan jelas target pasar untuk produknya. Perjelas data demografi yang lengkap seperti : usia, jenis kelamin, karir, tingkat pendapatan atau di mana pelanggan tinggal. Makin detail makin bagus, sehingga nanti anda bisa dengan mudah mencari model promosi yang tepat.
- Kenali pesaing Anda. Artinya, anda harus tahu betul apa persamaan dan perbedaannya dengan produk anda.
- Jawab pertanyaan berikut: “Mengapa saya (pelanggan) harus membli produk anda?” Ini artinya adalah: Gambarkan bagaimana produk Anda, dan coba menerangkannya seakan-akan anda adalah pelanggannya. Buat penjelasan produk dari persepsi pelanggan. Apa untungnya bagi pelanggan jika memilih produk anda, dan berikan alasan yang kuat, mengapa pelanggan harus memilih produk anda.
- Susun anggaran biaya promosi dengan baik. tentukan besarannya, dan tracking feedbacknya.
- Bikin strategi harga. Strategi ini bisa mencontoh yang orang lain lakukan. Ini sangat penting karena akan menentukan posisi produk anda di pasar. Penentuan harga dapat dibuat berdasarkan tujuan/target pasar yang anda buat tadi. lalu bikin pula harga yang bertingkat yang memungkinkan orang tertarik menjualkan kembali produk anda sebagai reseller atau agen. Berikan porsi keuntungan yang besar bagi agen/reseller.
- Buatlah strategi promosi yang efisien. Seperti beriklan di TV atau koran, atau di web-web yang terkenal sesuai dengan target pasar yang dibidik. Sekali lagi, bikin sistem tracking feed back yang baik, misalnya dengan menanyakan pada pelanggan informasi produk anda diperoleh dari mana. Sehingga anda benar-benar tahu iklan/promosi mana yang paling baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar