Masih bingung tentang meningkatkan
produktifitas saat bekerja? Pertama-tama anda harus menganalisana apa
faktor utama penyebab ketidakproduktifitasan anda. Jika anda masih tidak
bisa menemukan alasannya, cobalah 40 tips berikut ini:
1. Istirahat sejenak
Otak yang sudah lelah tidak akan
menghasilkan hasil kerja yang baik walaupun anda berusaha untuk memaksa.
Jika anda sudah letih maka istirahatlah sejenak. Sebagai umat islam
kita sangat beruntung karena kita memiliki solat 5 waktu, yang menjadi
penyeimbang hidup kita. Jadikan solat ini sebagai sarana untuk
berkomunikasi dengan Allah sehingga pikiran menjadi segar kembali.
2. Pasang timer untuk setiap yang anda kerjakan.
Tujuannya adalah agar anda bisa mengukur seberapa cepat atau lambat
anda bekerja. Jika perlu bandingkan waktu anda dengan orang lain untuk
mendapatkan gambaran seberapa bagus anda dalam memaksimalkan waktu.
3. Hilangkan semua gangguan
Matikan gadget, internet, notifikasi email dan jangan membuka lebih dari 1 browser dalam 1 waktu.
4. Cintai pekerjaan anda
Sangat sulit untuk fokus pada
pekerjaan yang tidak anda sukai. Ketidakfokusan ini akan menyebabkan
anda sulit untuk produktif, karena hati dan pikiran anda tidak mau
mengerjakan pekerjaan tersebut.
5. Selesaikan pekerjaan tersusah
Selesaikan pekerjaan yang paling sulit dan paling anda takutkan di pagi hari, saat pikiran anda masih jernih.
6. Mulai saat ini juga
Memulai adalah pekerjaan yang
paling sulit. Terkadang setelah anda berhasil memulai, anda menjadi
terlarut dalam pekerjaan tersebut.
7. Gunakan waktu emas anda
Setiap orang mempunyai jam biologi
tersendiri, ada yang sangat bagus bekerja di pagi hari, ada yang sangat
produktif bekerja di malam hari. Kenalilah jam biologi anda dan
manfaatkan sebaik-baiknya untuk bekerja.
8. Bawa buku catatan kecil dan nota setiap saat
Buku catatan ini berguna untuk
mencatat ide-ide, saran dari orang lain dan hal-hal kecil lainnya yang
terkadang terlintas dipikiran kita saat kita bekerja. Jika anda tidak
mencatat maka pikiran anda akan terus mengingatkan anda tentang
pekerjaan-pekerjaan ini, sehingga anda akan menjadi susah untuk
konsentrasi.
9. Buat blog perkembangan diri
Blog ini berguna untuk mencatat
perkembangan diri anda. Sehingga anda bisa memantau apakah dalam kurun
waktu tertentu terdapat perkembangan secara keilmuan dan kepribadian
pada diri anda. Jika tidak anda perkembangan, maka anda harus berusaha
untuk meningkatkan kualitas diri anda.
10. Rencanakan menu makan anda setiap ujung minggu
Hal ini bertujuan agar anda bisa
menghemat waktu dan energi otak, sehingga anda tidak perlu memikirkan
apa yang harus anda makan atau berbelanja setiap kali anda memasak.
11. Tulis daftar pekerjaan setiap hari
Tulislah pekerjaan yang anda ingin
kerjaan besok, sebelum anda tidur. Dengan cara ini anda bisa membuat
prioritas pekerjaan yang harus terlebih dahulu dilakukan.
12. Analisa lagi produktifitas anda setiap saat
Setiap kali anda selesai melakukan
pekerjaan anda, maka tanyakanlah ke diri anda apakah anda sudah
memaksimalkan waktu sebaik mungkin? Hal ini bertujuan untuk mengingatkan
anda kembali tentang pentingnya menggunakan waktu seefisien mungkin.
13. Tidur cukup
Tidur yang cukup bisa memulihkan konsentrasi anda. Perlu diingat bahwa tidur berlebihan justru bisa menurunkan konsentrasi anda.
14. Olahraga
Penelitian menunjukkan bahwa
olahraga ringan di kantor bisa meningkatkan produktifitas dan
jalan-jalan singkat setelah makan siang juga bisa meningkatkan
produktifitas.
15. Rapikan meja anda
Sempatkan untuk rapikan meja anda. Ruang kerja yang rapi akan berpengaruh terhadap psikologi anda.
16. Outsourcingkan pekerjaan sebanyak mungkin
Jika anda sudah tidak bisa
mengendalikan pekerjaan anda yang sangat banyak, jangan takut untuk
mendelegasikan pekerjaan anda ke orang lain, terutama
pekerjaan-pekerjaan kecil yang bisa di selesaikan orang lain.
17. Matikan Tv
Hasil statistic di Amerika
menunjukkan bahwa kebanyakan orang menonton tv minimal 4 jam dalam 1
harinya. Jadi jika anda hidup 65 tahun, anda telah menghabiskan 9 tahun
hanya untuk menonton tv. Jadi Matikan tv anda sekarang juga jika ingin
lebih produktif.
18. Dengarkan buku audio setiap kali anda diperjalanan
Perjalanan anda menuju kantor atau
bisnis anda setiap hari bisa anda gunakan untuk meningkatkan ilmu
pengetahuan dengan cara mendengar buku audio.
19. Bayar tagihan anda secara otomatis
Anda bisa menggunakan pembayaran
tagihan seperti telpon, listrik dan tagihan lainnya secara otomatis.
Sehingga anda tidak perlu antri untuk membayar tagihan ini dan anda bisa
menghemat waktu anda.
20. Baca buku-buku produktifitas
Salah satu buku yang terlaris tentang produktifitas adalah yang dikarang oleh Read David yang berjudul “Getting Things Done”.
21. Mandilah lebih cepat
Kebanyakan orang Indonesia mandi 2
kali dalam sehari. Jika anda menghabiskan waktu 30 menit setiap kali
mandi, maka anda telah menghabiskan waktu 1 jam dalam sehari untuk
mandi. Kebersihan mandi bukan tergantung berapa lamanya tapi seberapa
berkualitas kita membersihkan diri.
22. Ceritakan ke orang lain tentang impian anda
Dengan menceritakan ini anda jadi
memotivasi diri anda untuk mewujudkannya, tapi jangan menceritakan pada
orang yang pesimis, karena akan menurunkan semangat anda.
23. Belajar untuk berkata tidak
Anda akan sulit untuk
menyelesaikan tugas anda jika anda tidak bisa berkata tidak pada orang
lain. Karena anda akan disibukkan dengan pekerjaan-pekerjaan orang lain.
24. Melakukan diet informasi
Ternyata bukan pola makan saja
yang harus mengikuti diet, tapi membaca beritapun harus melakukan diet.
Mengkonsumsi informasi secara berlebihan akan menghabiskan waktu anda.
25. Tandai acara-acara penting di kalender
Tandai acara-acara penting di kalender anda sehingga anda mengetahui kapan harus menyelesaikan tugas-tugas penting.
26. Buat target
Buatlah target tentang apa yang ingin dicapai setiap harinya
27. Buat shortcut di keyboard anda
Hapalkan shortcut-shortcut yang
sering anda gunakan pada keyboard computer anda, hal ini sedikit banyak
bisa menghemat waktu anda.
28. Bangun lebih pagi dari orang lain
Jika anda bekerja lebih awal, maka akan lebih banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan dan andapun bisa bekerja jauh dari stress.
29. Jangan melakukan multitasking
Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan manfaat mono tasking dibandingkan multi taskig
30. Beri hadiah ke diri anda
Jika anda berhasil menyelesaikan satu tugas besar, maka berilah hadiah pada diri anda.
31. Belanja online
Berbelanja online jauh lebih hemat waktu dibandingkan offline.
32. Gabungkan pekerjaan yang sama dalam 1 waktu
Gabungkan pekerjaan yang sama seperti membalas email dan membalas telpon dalam satu waktu.
33. Percepat koneksi internet anda
Koneksi internet yang lambat sangat mempengaruhi kinerja anda, jika memungkinkan maka gunakan koneksi internet yang cepat.
34. Belajar mengetik cepat
Mengetik secara lambat mempengaruhi kinerja anda dan menghabiskan waktu anda.
35. Hindari membuang waktu
Hal-hal yang bisa membuang waktu
adalah chatting menggunakan instan messenger, main games, menggunakan
jejaring sosial berlebihan, menonton tv dan window shoping secara
online.
36. Bekerja dari rumah
Bekerja dari rumah atau menjauhi dari keramaian terkadang menjadi senjata ampuh untuk menghindari banyaknya gangguan.
37. Prioritas
Tentukan prioritas pekerjaan dari
yang paling penting sampai yang tidak penting. Jika memungkinkan
hilangkan pekerjaan-pekerjaan yang tidak penting.
38. Baca bagian yang penting pada buku
Jika anda membaca buku non-fiksi, maka bacalah bagian-bagian terpenting dari buku tersebut.
39. Masak dalam jumlah banyak
Masak lah dalam satu waktu dan
dalam jumlah yang banyak. Simpanlah dalam lemari pendingin dalam bentuk
kecil-kecil, sehingga anda tidak perlu berulang-ulang masak.
40. Belajar membaca cepat
Membaca cepat sangatlah berguna,
karena anda bisa mendapat manfaat yang sama dibandingkan membaca dalam
kecepatan biasa dan anda bisa menghemat waktu lebih banyak.
Sumber: lifehacker.org dan www.pengusahamuslim.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar